Harga TBS Sawit di PPU Kaltim Anjlok, Ini Harapan Warga Kepada Pemerintah !!!

    Harga TBS Sawit di PPU Kaltim Anjlok, Ini Harapan Warga Kepada Pemerintah !!!
    Hasil panen petani sawit di kecamatan Sepaku, Desa Binuang/Telemow dengan harga sangat anjlok saat ini. (17/5/22)

    PPU - Petani swadaya kelapa sawit di kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Provinsi Kalimantan Timur mulai khawatir nasib keberlangsungan kehidupan ekonominya dengan anjloknya harga sawit.

    Bagaimana tidak khawatir, kebanyakan petani sawit hanya menggantungkan hidupnya dari hasil perkebunan sawit miliknya, mulai dari kebutuhan dapur, kebutuhan anak sekolah dan mahasiswanya serta kebutuhan lainya.

    Diketahui dari informasi yang dihimpun dari petani sawit asal Desa Binuang yang enggan disebut namanya inisial "J" kini harga Tandan Buah Segar (TBS) yang diterimanya dalam hitungan sekilo hanya Rp.1.100/kg dari harga Rp.1.600/kg, Jasa transportasi angkut TBS Rp.250/kg, Jasa panen Rp.250/kg.

    "Saat ini kita terima bersih hanya Rp.1.100 diluar jasa transportasi dan panen, "kata J ke awak media ini via telepon seluler. Selasa (17/5/2022).

    Kini semakin menghawatirkan ketidak jelasan ketetapan harga TBS sawit dari pemerintah, pasalnya harga ketetapan pemerintah sangat jauh berbeda dengan harga ditangan petani swadaya di PPU

    Berharap kepada pemerintah daerah hingga pemerintah pusat agar peduli kepada petani sawit yang hanya sumber penghasilannya dari penjual TBS kebun swadaya miliknya yang hampir rata-rata tidak memiliki lahan luas.

    Kesejahteraan rakyat lebih harus diutamakan, ini menjadi persoalan jika tidak ada perhatian khusus dari pemerintah.

    "Masyarakat akan miskin dan bisa menimbulkan banyak pengangguran yang dapat menimbulkan ketidak amannya suatu daerah, " Tutur Senior salah seorang jejaring Jurnalis Nasional Indonesia M.Hasyim, SE, S.Pd.

    Masyarakat saat ini menunggu pemerintah pusat mengembalikan harga ketetapan yang merata seluruh Indonesia. Berdasarkan hasil survei harga TBS sawit sangat bervariasi di Indonesia berbeda dengan negara tetangga Malaysia.

    Selain itu berharap yang terkait segera melakukan pengawasan terhadap transaksi jual beli mulai dari timbangan lodingan dan pabrik terutama ketetapan harga.

    (Rzl/hsm/bento/jni)

    PPU Kaltim
    MUH. HASYIM HANIS, SE, S.Pd, C.L.E

    MUH. HASYIM HANIS, SE, S.Pd, C.L.E

    Artikel Sebelumnya

    BUMDES Desa Bakungan Jadi Pertanyaan Warga

    Artikel Berikutnya

    Milenial Kaltim Siap Hadapi Kemajuan Teknologi...

    Komentar

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Komplotan Oknum Koruptor di PWI Segera Dilaporkan ke APH, Wilson Lalengke Minta Hendry dan Sayid Dicekal
    Tenggelam Demi Bendungan, Desa Leluhur Dayak Kenyah akan Hilang demi Energi IKN
    Yang Tidak Dikatakan Jokowi soal Ibu Kota Baru, Buka Mata!
    Pemerintah Berikan Remisi Khusus untuk Narapidana dan Anak Binaan di Idulfitri 1445 Hijriah
    Tony Rosyid: MK vs Amicus Curiae Universitas